3 Tingkatan Dalam Puasa


Sobat Muro’i El-Barezy, mumpung masih belum masuk bulan Ramadhan kita bisa mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin agar puasa kita lebih berkualitas. Mungkin hal ini wajib kita ketahui sebelum berpusa agar kita tidak tergolong orang yang merugi.
Imam al-Ghazali dalam bukunya Ihya Ulumuddin menulis, tingkatan puasa diklasifikasi menjagi tiga yaitu, puasa umum, puasa khusus, dan puasa khusus yang lebih khusus lagi.
Puasa umum adalah tingkatan yang paling rendah yaitu menahan dari makan, minum dan jima’, sedangkan panca inderanya tidak ikut berpuasa. Puasa khusus, disamping menahan tiga hal itu, juga memelihara seluruh anggota tubuh dari perbuatan maksiat atau tercela. Sedangkan puasa khusus yang lebih khusus adalah puasa hati dari segala kemaksiatan, kehendak hina, pikiran duniawi, serta mencegah memikirkan apapun yang selain Allah SWT.
Puasa level ketiga adalah puasanya para nabi, shiddiqin, dan muqarrabin. Puasa level kedua adalah puasanya orang-orang salih, sedangkan puasa level pertama adalah puasanya orang kebanyakan.
Nah kita tingal pilih yang mana. Jika sobat memilih yang pertama maka sungguh sia-sia puasanya, karena hanya akan mendapatkan haus dan lapar saja. Yah, minimal puasa level kedua yang seharusnya kita raih selama Ramadhan, akan lebih baik jika kita bisa meraih puasa level ketiga.

Semoga bermanfaat, happy blogging…..



10 Responses to "3 Tingkatan Dalam Puasa"

  1. puasa khusus khusus setau saya namanya khoasul khoas klo ga salah ya. bener ga pa ustad?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah bener gan, seratus buat tebakannya hehe...

      Delete
  2. wahhh asyik banget nih sobat infonya..
    sudah dapat ide manulis yah :D, saya belum juga nih.. lagi hiatus aja kali yah..

    puasa level 2 dan 3 ini puasa yang bagus sekali, tetapi mungkin akan sangat sulit untuk kita lakukan khususnya saya sob, tapi pahalanya sangat besar apalagi di bulan suci ramadhan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya allah kita bisa sob, asal ada kemauan saja dan memperdalam pengetahuan tentang puasa, trims silaturrahimnya

      Delete
  3. infonya bagus, jadi minimal harus bisa dapet yang puasa kedua yaitu puasa khusus biar gak sia sia nantinnya hahhaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah bener sob, sayang kan kalo udah cape puasa ga dapet pahala, apalagi ga puasa sob hehe...

      Delete
  4. Ini pernah di terangkan dgn guru sya blan puasa yg lalu ...

    tpi dgn nma" aslinya ....

    ReplyDelete
  5. dapet ilmu baru disini :D
    ilmu tentang puasa, hahaaa

    ReplyDelete
  6. terima kasih mas infonya.. kita mencari amal ibadah dalam puasa... jadi seperti apa baiknya ya di kerjakan...

    ReplyDelete

Terimakasih buat sahabat blogger yang sudah berkunjung dan untuk komentarnya yang :
- Sopan dan tidak menyinggung admin dan pengunjung lain.
- Tidak menyertakan link hidup dalam komentar.
- Dimohon untuk tidak jualan obat, togel dan promosi situs po*no disini.