Alasan Kenapa Daging Babi Haram Dikonsumsi

daging babi
Alasan Kenapa Daging Babi Haram Dikonsumsi | Mengapa Allah mengharamkan daging babi alias daging celeng? Tentunya ada sebab mengapa diharamkan. Di dalam Al-Qur’an dijelaskan tentang keharaman daging babi tersebut. Seperti firman-Nya dalam surat Al-Maidah ayat 3 :

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ
 “Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah.”

Jelas dalam ayat tersebut Allah menyatakan keharaman memakan daging babi. Tapi tidak berarti dengan pengharaman memakan daging babi berarti mengharamkan hewan tersebut, sehingga umat muslim berhak memusuhinya dan menyakitinya. Malah kalau dilihat dari segi amannya, babi hidup lebih aman dari pada sapi dan kambing, karena mereka kemudian tidak disembelih, sehingga mereka hidup lebih bebas.

Secara ilmiah, ilmu pengetahuan juga telah membuktikan keharaman daging babi untuk dikonsumsi. Disini saya berikan data yang berasal dari berbagai sumber :

1. Dagingnya berbau pesing
Konsumen daging babi sering mengeluhkan bau pesing pada daging babi. Menurut sebuah penelitian, bau tersebut disebabkan karena praeputium babi sering bocor, sehingga urine babi merembes ke dagingnya.

2. Hewan yang sangat rakus.
Tahukah sobat kalau babi melahap semua makanan yang ada di hadapannya? Jika makanan itu telah habis dan dia kekenyangan, apa yang telah dimakannya itu dimuntahkan kembali, dan kemudian muntahan itu dimakannya lagi. Bahkan jika lapar, kotoran pun dimakan, termasuk kotorannya sendiri, kotoran manusia, dan kotoran hewan lain. Yang lebih menjijikkan, hewan ini juga senang kencing sembarangan, termasuk kencing pada makanan yang akan disantapnya.

3. Gemar makan tanah
Babi adalah hewan mamalia satu-satunya yang gemar memakan tanah. Dia memakan dalam jumlah besar dan dalam waktu yang lama jika tidak dicegah. Tak heran jika kulit orang yang suka memakan daging babi ada yang menguarkan bau tidak sedap.

4. Dagingnya mengandung cacing berbahaya
Mungkin karena pola hidup dan pola makannya yang jorok, daging babi mengandung cacing pita yang berbahaya bagi kesehatan. Cacing ini berkembang di usus 12 jari manusia. Dalam beberapa bulan, cacing itu akan menjadi dewasa dan berkembang biak. Jumlah cacing pita bisa mencapai sekitar 1.000 ekor dengan panjang antara 4 – 10 meter, dan terus hidup di tubuh manusia. Cacing ini mengeluarkan telurnya melalui kotoran yang dikeluarkan manusia saat BAB (buang air besar).

5. Penyebab utama kanker anus dan kolon
Daging babi merupakan penyebab utama kanker anus dan kolon. Persentase penderita penyakit ini di negara negara-negara yang penduduknya memakan babi, meningkat secara drastis, terutama di negara-negara Eropa, dan Amerika, serta di negara-negara Asia seperti Cina dan India. Sementara di negara-negara Islam, persentasenya amat rendah, sekitar 1/1.000 jiwa.

Untuk lebih meyakinkan tentang adanya unsur berbahaya dalam daging babi, silakan intip video berikut :


Melihat fakta secara ilmiah apa yang terkandung dalam babi, tentunya sudah jelas keharamannya bagi kita terutama yang muslim untuk tidak mengkonsumsinya. Baik itu daging, tulang, darah dan yang lainnya dari babi.

Dewasa ini banyak unsur-unsur dari babi yang dipergunakan untuk produk yang dikonsumsi secara umum. Dan kadangkala kita tidak tahu bahwa produk tersebut mengandung unsur babi. Mungkin banyak umat Islam tidak tahu bahwa label label yang bertuliskan 'This product contain substance from porcine’. Sebenarnya bermaksud 'Produk ini mengandungi bahan dari babi’. Selain itu, ada juga label yang kerap digunakan adalah 'The source of gelatin capsule is porcine' yang maksudnya adalah 'Kapsul dari gelatin babi’.

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa istilah sains yang digunakan dalam produk yang mengandungi unsur babi:

Pork : Istilah yang digunakan untuk daging babi di dalam masakan.
Swine : Istilah yang digunakan untuk keseluruhan kumpulan spesis babi.
Hog : Istilah untuk babi dewasa, berat melebihi 50 kg.
Boar : Babi liar.
Lard : Lemak babi yang digunakan bagi membuat minyak masak dan sabun.
Bacon : Daging hewan yang disalai, termasuk babi.
Ham : Daging pada bahagian paha babi.
Sow : Istilah untuk babi betina dewasa (jarang digunakan).
Sow Milk : Susu babi.
Pig : Istilah umum untuk seekor babi atau sebenarnya bermaksud babi muda, berat kurang daripada 50 kg.
Porcine :Istilah yang digunakan untuk sesuatu yang berkaitan atau berasal daripada babi. Porcine sering digunakan di dalam bidang pengobatan untuk menyatakan sumber yang berasal dari babi.

Demikian beberapa istilah dalam produk yang menggunakan unsure babi. Semoga kita lebih waspada untuk menghindari produk-produk yang mengandung babi karena sudah jelas keharamannya dan kerugiannya bagi kita. Dan tidak ada perdebatan tentang pengharamannya.

Semoga bermanfaat dan happy blogging. [dari berbagai sumber]


79 Responses to "Alasan Kenapa Daging Babi Haram Dikonsumsi"

  1. Iya Mas, aku juga pernah melihat Video itu dan juga video yang lainnya. Aku juga pernah membaca beberapa artikel yang membahas tentang ini, dan semuanya meyatakan hal yang senada dengan artikel diatas.

    Alloh tidak akan sembarangan dalam membuat larangan bagii umatnya, kita sudah mengerti itu. Beruntunglah aku dilahirkan sebagai Muslim.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga kita tetap dijaga menjauhi binatang ini ya sob, trims kunjungannya

      Delete
    2. Iya benar sekali. Saya juga sudah liat beberapa kali video tentang Babi ini, dan menyimaknya dengan seksama. Terima Kasih atas informasinya yang luar biasa ini. Bermanfaat dan mencerahkan

      Delete
    3. ya semoga ini buat mengingatkan saja mas, makasih kunjungannya

      Delete
  2. katanya jg menyebabkan kulit berbintik seperti ada tai lalat nya.. Intinya dilarang pasti byk penyakitnya..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, kenapa diharamkan karena memnag bayak madaratnya:}

      Delete
  3. Selamat Pagi Kang Muroi,,aku datang lagi nich ngesot kang...hehehe...wah pagi pagi sudah dapat pencerahan nich kang mengenai Daging Babi...Alhamdulillah sampai saat ini saya belum pernah kang makan yang namanya BAB 1

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah semoga jangan sampe sob, makaasih kunjungannya yah:}

      Delete
  4. hikz...
    menyeramkan...
    kok ada yang suka ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yang suka karena enak sob dagingnya...katanya sih, ane juga ga pernah hihi..

      Delete
  5. Menyeramkan, menjijikan hhohoho, untung kita orang islam gak boleh makan daging babi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sob, semoga ga pernah memakannya:}

      Delete
    2. Iya gan.. Jangan ampe dah makan yg gituan

      Delete
  6. Inilah kehebatan islam. Larangan tsb bahkan sudah ada sebelum ilmuwan melakukan penelitian. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sob, Al-Qur'an itu visioner, sudah membicarakan beberapa puluh tahun yang akan datang sebelum ilmu pengetahuan menemukannya, banyak sekali selain artikel diatas:}

      Delete
  7. Alhamdulillah, Allah maha benar atas segalanya, terbukti dengan penelitian secara ilmiah pun demikian, subhanallah, tapi kok masih banyak yg jual "babi guling"??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa masih ada yang jual karena masih ada yang beli sob, bisa karena dagingnya enak, bisa juga karena belum tahu akibatnya:}

      Delete
    2. Wah, kalo emang enak dan belum tau, kasian yaaa.... Sebaiknya artikel2 seperti ini dishare dan akhirnya bisa nyampe ke para penikmat daging BAB 1, heheheh, #sekedar saran

      Delete
    3. ya sob, tapi mudah mudahan yang sering menikmati juga baca artikel ini hehe...

      Delete
  8. Oo begitu ya sob. Terima Kasih atas informasinya. Sangat Bermanfaat sob.
    kalau ada waktu mampir diblog saya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sob semoga bermanfaat dunia dan akherat yah:}

      Delete
  9. keren nih saya dapet tambahan ilmu, secara selama ini saya hanya inget di pelajaran biologi, hanya tentang cacing pita (namanya taenia solium) saja yang dibahas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah nama latin cacingnya malah saya baru tahu mas, kalo saya kenalnya cacing pita doang dulu hihi...

      Delete
  10. mendengar kata 'babi' saja saya udah pengen *maaf* mun*ah bang :s

    anyway, dari pembahasan ini, sungguh benarlah segala firman Allah.. Islam memang saaangat ilmiah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf yah kalo jadi ga enak makan hehe...

      Delete
  11. waduh ..jauhkanlah dari makanan makanan kaya gtuh
    salam kenal kak ..;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga,trimakasih kunjungannya:)

      Delete
  12. ea..mas mur...ngeri ya... liat dari cara makanan yg di makan.hi....

    apalagi cacing pita yg ada di dlmnya..
    ga bisa di bayangin tuh...sama orang yg suka nyantap daging nya...hi.hi..

    terima ksh ya mas..udh berbagi..infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mas, sekedar mengingatkan saja kok

      Delete
  13. Ih liat az sya jijik apa ge memakannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi..maaf sob kalo jadi ga enak makan

      Delete
    2. sama nh. hmm perasaanku jadi lain lain begitu dah...

      Delete
  14. setiap yg dilarang dlm islam pasti ada mudaratx..., *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul sob, trims kunjungannya...smile juga

      Delete
  15. babi memang tergolong hewan yang jorok. baunya gak enak lagi.

    terimakasih mas infonya.

    ReplyDelete
  16. bentuk babi menjijikan sobat, kotor bgt, tapi kenapa ya banyak cewek kota suka sama boneka babi.

    artis donita malah pengen mlihara babi dan pengen tidur bareng, apa udah miring ya artis secantik itu kok pikirannya aneh hehehehe

    selain itu dagingnya juga mengandung cacing pita yang mengerikan sobat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending juga tidur sama gue. Hahaha

      Delete
    2. tapi kalo didandanin terus dibedakin jadi beda kali yah hehe

      Delete
  17. Mampir lagi bang, membaca artikel tentang daging babi sambil bersyukur atas nikmat Islam yg telah Allah berikan kepada ane... Alhamdulillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih sob sudah mampir lagi, salam sukses selalu

      Delete
  18. jiah, ane jijik bgt sama yg namanya babi..-_-
    yg ane suka cuman suaranya karena sering dipake di musik metal genre brutal death metal yg dengan suara khas mirip gerun babi yg biasa disebut pigsquele..:D wkwkwk serba metal lah pokoknya..:D yang penting jangan makan dagingnya dan jangan dipelihara..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. owh ternyata ada yah hehe..baru tahu sob, yang gitu haram ga yah

      Delete
    2. sekarang harus hati-hati ya kang, banyak sekali makanan yang dicampur dengan daging ini untuk memikat pembeli karena konon rasanya lebih nikmat dan tekstur yang lembut dibanding daging-daging yang halal

      Delete
  19. Terima kasih share ilmunya ini sob...

    ReplyDelete
  20. Artikel yang sangat bermanfaat sekali gan

    ReplyDelete
  21. Jika kita memakan daging babi secara tidak sengaja karena alasan tidak mengetahui bahwa daging tersebut daging babi apakah itu sudah termasuk haram mas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika memang tidak tahu apakah itu babi atau bukan tidak apa-apa sob, tapi sebaiknya kita lebih berhati-hati dalam memilih daging di pasaran, teliti mana ciri-ciri daging sapi, kambing, babi atau yang lainnya, silakan googling cari ciri-nya masing-masing..

      kalo sudah tahu cirinya tapi kita tetap membeli berarti haram memakannya jika itu adalah daging babi sob:}

      Delete
  22. http://islampos.com/begini-al-quran-menjelaskan-haramnya-daging-babi-34936/ buat tambahan nih mas :)

    ReplyDelete
  23. Super nice info gan......terima kasih sudah meyebarkan info ini di dunia nyata...jarang jarang soalnya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama sob, semoga bisa bermanfaat artikelnya:}

      Delete
  24. terima kasih pencerahannya mas. saya bener2 baru tahu dgn istilah porcine dkk

    ReplyDelete
  25. selain diharamkan ternyata bahaya juga ya hi serem

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya itulah diharamkan, karena berbahaya sob

      Delete
  26. walawpun gak haram juga kayaknya orang2 juga ogah makan daging babi klo di liat dari uraian di atas betapa berbahayanya makan daging babi :D

    ReplyDelete
  27. wah g mau kalau daging babi...melihatnya saja sudah jijik

    ReplyDelete
  28. Sudah terbukti apa yang menjadi Kalamullah. memang beberapa daerah memang mengkonsumsinya, bahkan menjadi salah satu makanan favorit. Semoga dengan menjaga , kita akan selalu terhindar dari azab-Nya

    ReplyDelete
  29. padahal rata-rata negara pengkonsumsi daging babi negara yang peduli dengan kesehatan yah,, tapi mengapa masih saja jadi menu utama dalam hidangan yah ? :-?
    alhamdulillah islam memang agama yang tepat untuk kita semua... :)

    ReplyDelete
  30. ngeri juga ya gan, alhamdulillah ane dilahirkan islam :D

    ReplyDelete
  31. wkwkwkwk ku,pulan org tolol...
    bab1 haram
    sedangkan kawin kontrak gak haram
    korupsi gak haram
    bunuhin org gak haram
    emg AGAMA sakit jiwa
    Bawaan PErampok Cabul dari ARAB
    klo mau tau knp bab1 haram liat
    di www,faithfreedom.org

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa yang menghalalkan penjajahan di muka bumi, Siapa yang mencetuskan Gold Glory And Gospel,?Siapa yang membagi-bagi tanah jajahan, siapa yang mendirikan VOC, EIC, Siapa yang memulai perang Salib? Siapa yang menindas orang kulit Hitam di Amerika, dengan Panji2 apa Ku Klux Klan membunuhi, membakar perkampungan orang kulit hitam? Siapa yang menculik dan membunuhi orang Aborigin dan memisahkan anak2 Aborigin? Siapa yang memulai perang dunia I & II? Siapa yang melakukan pembantaian di My Lai, siapa yang melakukan Karpet Bom di Kontum? Siapa yang membom Hiroshima & Nagasaki? Siapa yang suka menyuap para Polisi dan petugas hukum di Chicago pada tahun 20-40an? Siapa yang menebar ribuan galon gas oranye di Vietnam? siapa yang membunuh anak2 di Bosnia? berapa ribu Nyawa yang hilang di Korea, Vietnam, Afganistan, Iraq? Silahkan anda jawab, dari kaum mana? Muslim ??? www. faihfreedom.org bukanlah tempat mencari kebenaran sejati, tapi hanya sekumpulan orang yang bingung yang berusaha sekuat mungkin menghentikan kebenaran, dan melakukan pembenaran2 dengan melakukan provokasi kotor, membalikan fakta, dan menebarkan kebencian antar manusia (kalo soal begini2an saya akui rekan2 anda di faith freedom, paling hebat...10 jempol, ***** lima bintang )

      Delete
    2. Iqra..(baca)..semua agama itu benar dan satu tujuan..
      manusia di beri akal dan nafsu..gunakan sebagaimana mestinya
      kalau mengunakan nafsu..biasanya selalu gagal
      mengguakan akal..insha allah akan menemukan jalannya
      percuma kita koar2lah
      kalo kamu menggunakan nafsu tulisan ini layaknya sampah

      Delete
  32. semua alasan itu gak tepat kalau kita memasak dengan benar, yang haram itu kalau kita terlalu fanatik keluar. Misalnya orang kristen selalu saja di kucilkan, dibantai di negeri indonesia ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mbak Denita mau memasak, dan memakannya, Silahkan saja Mbak, ndak ada yang melarang yang dilarang kan di agama kami, di agama mbak Denita gak dilarang yaah gak papa mbak, Yaaa. kalo mbak Denita di bantai, masak mbak Denita masih bisa menulis dan berkomentar di blog ini Mbak? Masa Ah... dikucilkan..coba mbak jalan2 keluar...dalam kehidupan sehari2 semua saling membutuhkan tuh mbak... kalo dikucilkan mbak gak bisa jalan2 ke mall dong... :)

      Delete
  33. ada tambahan.. nih, menurut penelitian terbaru,, daging babi mengandung 90% genetik nya sama dengan manusia, oleh karna itu, jadi kita di haram kan memakan daging babi, dan jika daging babi di konsumsi, maka sama saja memakan daging manusia..

    baca selengkap nya di www.indonesia-treepfeel.blogspot.com
    atau di www.mauluddin-49.blogspot.com

    ReplyDelete
  34. ada tambahan.. nih, menurut penelitian terbaru,, daging babi mengandung 90% genetik nya sama dengan manusia, oleh karna itu, jadi kita di haram kan memakan daging babi, dan jika daging babi di konsumsi, maka sama saja memakan daging manusia..

    baca selengkap nya di www.indonesia-treepfeel.blogspot.com
    atau di www.mauluddin-49.blogspot.com

    ReplyDelete
  35. ada tambahan.. nih, menurut penelitian terbaru,, daging babi mengandung 90% genetik nya sama dengan manusia, oleh karna itu, jadi kita di haram kan memakan daging babi, dan jika daging babi di konsumsi, maka sama saja memakan daging manusia..

    baca selengkap nya di www.indonesia-treepfeel.blogspot.com
    atau di www.mauluddin-49.blogspot.com

    ReplyDelete

Terimakasih buat sahabat blogger yang sudah berkunjung dan untuk komentarnya yang :
- Sopan dan tidak menyinggung admin dan pengunjung lain.
- Tidak menyertakan link hidup dalam komentar.
- Tidak jualan obat, togel dan promosi situs po*no disini.