Selamat Datang Di Blognya Kang Muro'i, Tempat Berbagi Opini, Info dan Inspirasi

ABOUT ME

Kang Muro'iKang Muro'i, hanya seorang blogger biasa yang memulai kegiatan Blogging sejak tahun 2011 hingga sekarang. Saat ini dia tidak focus ngeblog karena sibuk jadi kuli di dunia nyata..
Temukan Juga Kang Muro'i pada Twitter, Facebook dan Google+

10 January 2013

Mengapa Doa Kita Tidak Terkabul


Mengapa Doa Kita Tidak TerkabulMengapa Doa Kita Tidak Terkabul | Doa adalah permohonan hamba kepada Tuhannya. Doa dalam pandangan Islam merupakan ibadah yang sangat besar kedudukannya. Doa adalah senjatanya orang muslim. Dikala usaha dan ikhtiar sudah dilaksanakan dengan semaksimal mungkin, selebihnya adalah tergantung kehendak Allah dengan memohon agar apa yang kita inginkan tercapai maksudnya.

At-Tirmidzi telah meriwayatkan hadits yang diriwayatkan dari Anas r.a.: “Doa adalah otaknya ibadah”.

Banyak atsar yang diterima dari Rasulullah Saw yang mendorong agar kaum Muslimin senang berdoa, antara lain:

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah yang diterima dari Abu Hurairah r.a.: “Tidak ada sesuatu yang lebih mulia di sisi Allah selain doa”.

Bukhari telah meriwayatkan sebuah hadits yang berbunyi: “Barangsiapa yang tidak memohon kepada Allah, maka Dia (Allah) akan marah kepadanya”.

Namun sobat, pernahkan kita merasa lelah berdoa, namun apa yang kita harapkan tidak kunjung tiba. Apakah Allah tidak mendengar doa kita? Tentunya tidak sobat, Allah Maha Mendengar dan Maha Tahu sampai apa yang terdetik dalam hati sekalipun.  Tapi barangkali ada hijab antara kita dengan Allah disebabkan beberapa hal sehingga doa kita tidak terkabulkan oleh Allah. Berikut ini adalah hal-hal yang menghalangi doa kita.

Dikisahkan pada suatu hari, Ibrahim bin Ad-ham melintas di pasar Bashrah, lalu orang-orang berkumpul mengerumuninya seraya berkata, “Wahai Abu Ishaq, apa sebab kami selalu berdoa namun tidak pernah dikabulkan.?” Ia menjawab, “Karena hati kalian telah mati oleh 10 hal:

Kalian mengenal Allah tetapi tidak menunaikan hak-Nya.
Kalian mengaku cinta Rasulullah SAW tetapi meninggalkan sunnahnya.
Kalian membaca al-Qur’an tetapi tidak mengamalkannya.
Kalian memakan nikmat-nikmat Allah SWT tetapi tidak pernah pandai mensyukurinya.
Kalian mengatakan bahwa syaithan itu adalah musuh kalian tetapi senang mendengar mengikuti bisikannya.
Kalian katakan bahwa surga itu adalah haq (benar adanya) tetapi tidak pernah beramal untuk menggapainya.
Kalian katakan bahwa neraka itu adalah haq (benar adanya) tetapi tidak mau lari darinya.
Kalian katakan bahwa kematian itu adalah haq (benar adanya) tetapi tidak pernah menyiapkan diri untuknya.
Kalian bangun dari tidur lantas sibuk memperbincangkan aib orang lain tetapi lupa dengan aib sendiri.
Kalian kubur orang-orang yang meninggal dunia di kalangan kalian tetapi tidak pernah mengambil pelajaran dari mereka".
(Mi’ah Qishshah Wa Qishshah Fii Aniis ash-Shaalihiin Wa Samiir al-Muttaqiin karya Muhammad Amin al-Jundi)

Semoga kita, saya pribadi dan sobat sekalian terhindar dari sepuluh hal diatas. Semoga bermanfaat dan happy blogging...




75 comments:

  1. met siang sobat kunjungan siang di kasih pencerahan yang sangat bermanfa'at trmksi sobat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama sob, semoga bisa bermanfaat dan bisa mengamalkannya

      Delete
    2. Amin. met pgi met aktifitas mas bro. smga hari,ini lebih baik dari hari yng kemarin Amin

      Delete
    3. makasih mas bro, semoga sukses juga hari ini...

      Delete
    4. met pgi met aktivitas mas bro. sukses selalu

      Delete
  2. amiin, semoga bisa lbh memperbaiki 10 hal diatas ya sob..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya semoga bisa sob, makasih silaturrahimnya...

      Delete
  3. Amin Sob, semoga kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi

    ReplyDelete
  4. woww bener banget tuch bang, hehe
    kadang kita mengaku islam tapi hanya KTP doang
    bener-bener buat saya tergugah
    yang udah mengamalkan semuanya aja kadang doanya blm di ijab oleh ALLAH, masa yang Islam KTP minta doanya cepet2 dikabulkan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sob, kita kadang sudah merasa sok bersih dari dosa, padahal belum tentu yah

      Delete
  5. Replies
    1. makasih kunjungannya, jangan bosen kesini ya sob hehe..

      Delete
  6. Sobat, demi popularitas blog kita, kita saling Me-Review Alexa yuk! Demi kebaikan blog kita juga, selain itu juga Dapat meningkatkan TRAFFIC blog kita juga lho ;)

    ReplyDelete
  7. sebenarnya begitu banyak sebab yang bisa membuat doa kita tergantung dan tidak terkabul...namun terkadang kita lalai untuk menyadari dan kemudian memperbaikinya...salam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sob, ini hanya beberapa saja, inipun belum semua kita laksanakan, hanya sekian persen barangkali, makasih sudah berkunjung mas

      Delete
  8. Syukur dan berdoa ya mbak penting banget.
    Tempatnya meminta dan berdoa ya hanya ke Alloh Swt, jangan kemana mana...

    (¯`•._.•rizalar•._.•´¯)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, eh ada yang maggil mbak...
      saya jenggotan sob hehehe..
      salam kenal aja yah dan trimakasih sudah mampir kesini

      Delete
  9. wew,,,nice artikel sob...makin tau ane...

    ReplyDelete
  10. astaghfirullahal'adziim :(

    ampunkan saya ya Allah T.T

    ReplyDelete
  11. Mas, saya kena banget. saya seneng banget ada postingan ini.
    saya ijin takprint ya? mau saya taro di meja kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo mas, dengan senang hati, semoga barokah dalam hidup

      Delete
    2. wah sejuk, kaya AC mas hihi..makasih yah:}

      Delete
  12. Alhamdulillah,,sampe sekarang do'a saya masih terkabul sob,,thanks share nya,,nambah pengetahuan nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga demikian sob, dengan menhindari hal-hal diatas insya Allah doa kita cepat terkabul...

      Delete
  13. Pencerahan yang begitu menyejukan hati. Sahabat ini disamping pandai menulis / ngeblog pandai juga memberi wejangan untuk sesama....

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa aja mas, hanya berbagi semoga manfaat dan menjadi pahala, ngeblog juga bisa dijadikan ammar ma'ruf nahi munkar, nasehat menasehati dalam kebaikan kan mas...

      makasih sudah berkunjung disini dan semoga manfaat...

      Delete
  14. Alhamdulillah...jadi paham dan telah di ingatkan nih Mas Mur...
    trima kasih.... semoga Allah menjadikan tulisan ini sebagai ladang pahala untuk kita semua..

    amin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mas...salam juga buat keluarga mas ya :)

      Delete
  15. semoga kita bisa mengintrospeksi diri

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, makasih sob sudah silaturrahim disini, semoga artikelnya bermanfaat

      Delete
  16. makasih tuk renungan malam jumatx..., barakallahu fiekum.. *smile

    ReplyDelete
  17. makasih renungannya mas, artikelnya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama, makasih juga sudah berkunjung disini sob

      Delete
  18. Terima kasih telah mengingatkan sahabat...
    Semoga kita terhindar dari hal sedemikian aamiin..aamiin

    ReplyDelete
  19. Postingan ynag sangat bermanfaat sobat, ilmu yg sangat menggetarkan hati kita utk segera instrospeksi, Mengapa???
    terima kasih sudah berbagi
    sukses selalu sobat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama sob, semoga manfaat
      Sukses juga buat sobat

      Delete
  20. Harus sering bersyukur nih. Hehehe

    ReplyDelete
  21. setuju mas, memang terasa banget bagaimana ketika doa kita belum terkabulkan, mungkin itulah penyebabnya. terima kasih ilmunya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama gan, semoga bisa mengambil pelajarannya, trimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini..

      Delete
  22. mungkin le3bih tepatnya belumterjawab kali gan ya, bukan tidak. ehm, saatnya evaluasi diri nie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mungkin tepatnya gitu gan,belum terkabul karena hal-hal diatas tadi, makasih gan

      Delete
  23. Wah, postingan ini menjadi bahan renungan ane nih, ternyata bukannya Allah tidak mendengar doa kita, namun kitanya sendiri yg membuat doa tersebut tidak terkabulkan, subhanallah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, Allah maha penerima doa, namun ada hal-hal yang menghalagi doa kita ternyata, makasih sob

      Delete
  24. allah maha pengampun maha pemurah... jadi suatu saat doa kita pasti akan terjawab.

    di butuhkan kesabaran dan keikhlasan dari hati kita untuk menerima atau mensyukuri apa yang sudah di berikan-NYA..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sob, asalkan kita terhindar dari 10 hal di atas, semoga doa kita dikabulkan oleh Allah,amiin

      Delete
  25. terima kasih sob sudah mengingatkan,jarang sekali kami menemukannyahanya disini bisa tau segalanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sob, semoga bermanfaat dan trimakasih sudah silaturrahim kesini sob

      Delete
  26. hm.. terimakasih mas, atas pencerahannya jarang sekali ada info seperti ini.. ini juga saling mengingatkan kita semuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama gan, trimakasih juga sudah mampir yah

      Delete
  27. Replies
    1. sip mas, trimakasih yah, semoga bisa bermanfaat buat kita semua

      Delete
  28. Terimakasih sob atas pencerahannya

    ReplyDelete
  29. Ya semuanya itu pasti dan pasti terjawab tapi waktunya kita yang tidak tahu kapan doa tersebut dijawab.

    ReplyDelete
  30. kunjungan di sore hari sobat...? jalan-jalan sore sekalian suport. hehehehe

    ReplyDelete
  31. Mampir disini kawan. . Hehehe

    ReplyDelete
  32. mungkin belum saja mas..:)
    tetep semangat sih kalo ane doanya belum dikabulkan..:)

    ReplyDelete
  33. itulah mengapa.. buat saiia.. postive thinking gag terlalu penting.. karena memang gag akan terlalu berpengaruh banyak pada outputnya.. bagaimana dengan positive feeling.. nahh nii saiia baru pas.. +thinking tanpa +feeling.. menurut saiia.. utopis :(

    keren kang tulisannya :)

    ReplyDelete
  34. jadi paham dan terimakasih mengingatkanya.

    ReplyDelete
  35. subhanallah....ini saya simpen dalam hati yang paling dalam kang, karena sering juga terbersit kenapa do'a2ku telat terkabulnya tanpa menyadari bahwa kesepuluh itu masih bercokol dalam hati dan kehidupan sehari2ku.
    saya selalu berupaya memberi do'a sehat kepada sahabat, malah dapet sakit yang lumayan lama...ngga nyadar kalau ternyata hati ini masih dekil.
    salam sehat selalu y kang.

    ReplyDelete
  36. wah bagus sekali sob memang harus ada yang selalu mengingatkan

    ReplyDelete
  37. sore sore dapat pencerahan nich di blognya kang Muroi,,,jika doa kita tidak terkabul,Insya Allah akan dikabulkan di hari akhir kelak,benar ga sob ?

    ReplyDelete