Selamat Datang Di Blognya Kang Muro'i, Tempat Berbagi Opini, Info dan Inspirasi

ABOUT ME

Kang Muro'iKang Muro'i, hanya seorang blogger biasa yang memulai kegiatan Blogging sejak tahun 2011 hingga sekarang. Saat ini dia tidak focus ngeblog karena sibuk jadi kuli di dunia nyata..
Temukan Juga Muro'i El-Barezy pada Twitter, Facebook dan Google+

Free Page Rank Tool

04 May 2013

Gerhana Matahari Cincin Diperkirakan 9-10 Mei


Gerhana Matahari Cincin
Gerhana Matahari Cincin | Sobat Muro’i El-Barezy, fenomena alam yang terjadi di sekitar kita adalah tanda-tanda dari kebesaran Allah subhanahu wa ta’ala. Dan salah satu tanda kekuasaan Allah salah satunya akan dapat kita disaksikan 9-10 Mei 2013 mendatang. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan pada tanggal itu terjadi gerhana matahari cincin (GMC). Sesuatu yang mungkin jarang terjadi dan bahkan belum tentu kita menemukannya kembali.

Menurut BMKG pula, bahwa gerhana matahari cincin tersebut dapat diamati dari Samudra Pasifik, Australia, Singapura, Indonesia kecuali Sumatera bagian Utara dan Filipina bagian Selatan.
Australia dan Pasifik akan mengalami gerhana matahari cincin (GMC), sedangkan Indonesia kecuali Sumatera bagian Utara, mengalami gerhana matahari sebagian pada 10 Mei 2013 pagi hari.

Di Indonesia, seluruh fase gerhana sejak gerhana mulai, puncak gerhana hingga gerhana berakhir bisa dilihat di Kupang, Manado, Ternate, Ambon, Sorong, Manokrawi, Merauke dan Jayapura. Puncak gerhana, selain bisa dilihat di 8 kota tersebut, juga bisa dilihat di 10 kota lainnya. Yaitu Surabaya, Pontianak, Palangkaraya, Banjarmasin, Samarinda, Denpasar, Mataram, Kendari, Palu, dan Makassar. Sedangkan untuk akhir gerhana, seluruh kota termasuk Jakarta bisa melihatnya.

BMKG memprediksikan, selain terjadi pada 9-10 Mei 2013, Gerhana Matahari Cincin (GMC) juga akan terjadi pada 3 November 2013. Nah gimana sob, apakah daerah sobat juga diperkirakan akan mengalami gerhana matahari ini? Jika iya maka sebaiknya jangan dilewatkan fenomena langka ini. Dibawah ini adalah peta Gerhana Matahari Cincin (GMC) 9-10 Mei 2013.
Peta Gerhana Matahari Cincin (GMC) 9-10 Mei 2013
Gerhana matahari adalah fenomena alam tanda kekuasaan Allah. Sehingga sebaiknya kita tidak melakukan ritual yang memang seharusnya tidak kita lakukan karena bertentangan dengan syariat. Sebaiknya jika ada gerhana, baik bulan atau matahari, lakukanlah hal seperti dibwah ini.

Hal-Hal yang Dianjurkan Ketika Terjadi Gerhana :
Pertama: perbanyaklah dzikir, istighfar, takbir, sedekah dan bentuk ketaatan lainnya.
Kedua: keluar mengerjakan shalat gerhana secara berjama’ah di masjid.
Ketiga: wanita juga boleh shalat gerhana bersama kaum pria.
Keempat: menyeru jama’ah dengan panggilan “ash sholatu jaami’ah” dan tidak ada adzan maupun iqomah.
Kelima: berkhutbah setelah shalat gerhana.

Berikut ini tata cara shalat gerhana :
[1] Berniat di dalam hati dan tidak dilafadzkan karena melafadzkan niat termasuk perkara yang tidak ada tuntunannya dari Nabi kita shallallahu ’alaihi wa sallam dan beliau shallallahu ’alaihi wa sallam juga tidak pernah mengajarkannya lafadz niat pada shalat tertentu kepada para sahabatnya.
[2] Takbiratul ihram yaitu bertakbir sebagaimana shalat biasa.
[3] Membaca do’a istiftah dan berta’awudz, kemudian membaca surat Al Fatihah dan membaca surat yang panjang (seperti surat Al Baqarah) sambil dijaherkan (dikeraskan suaranya, bukan lirih) sebagaimana terdapat dalam hadits Aisyah:
جَهَرَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – فِى صَلاَةِ الْخُسُوفِ بِقِرَاءَتِهِ
”Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam menjaherkan bacaannya ketika shalat gerhana.” (HR. Bukhari no. 1065 dan Muslim no. 901)
[4] Kemudian ruku’ sambil memanjangkannya.
[5] Kemudian bangkit dari ruku’ (i’tidal) sambil mengucapkan ’SAMI’ALLAHU LIMAN HAMIDAH, RABBANA WA LAKAL HAMD’
[6] Setelah i’tidal ini tidak langsung sujud, namun dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah dan surat yang panjang. Berdiri yang kedua ini lebih singkat dari yang pertama.
[7] Kemudian ruku’ kembali (ruku’ kedua) yang panjangnya lebih pendek dari ruku’ sebelumnya.
[8] Kemudian bangkit dari ruku’ (i’tidal).
[9] Kemudian sujud yang panjangnya sebagaimana ruku’, lalu duduk di antara dua sujud kemudian sujud kembali.
[10] Kemudian bangkit dari sujud lalu mengerjakan raka’at kedua sebagaimana raka’at pertama hanya saja bacaan dan gerakan-gerakannya lebih singkat dari sebelumnya.
[11] Salam.
[12] Setelah itu imam menyampaikan khutbah kepada para jama’ah yang berisi anjuran untuk berdzikir, berdo’a, beristighfar, sedekah, dan membebaskan budak. (Lihat Zaadul Ma’ad, Ibnul Qayyim, 349-356, Darul Fikr dan Shohih Fiqih Sunnah, 1/438)

Demikian mengenai gerhana matahari cincin dan hal-hal yang disunnahkan ketika terjadi gerhana tersebut. Semoga bermanfaat dan happy blogging...

Referensi :
http://www.bersamadakwah.com/2013/05/subhanallah-gerhana-matahari-cincin.html
http://muslim.or.id/fiqh-dan-muamalah/seputar-gerhana-matahari-2.html

83 comments:

  1. Nggak salah ni? Apa anaa yang pertama hadir disini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata benar yang pertama. Syukurlah.

      Alhamdulillah sejak dulu ilmu astronomi menjadi bagian menarik bagi anaa dan merenunginya masa itu diantara salah satu penuntun hidayah.

      MasyaAllah mengikuti update fenomena alam seperti ini semakin menambah keimanan kita akan kebesaran Allah. Semoga bisa menjadi saksi keindahan ciptaanNya di hari prediksi.

      Jazaakumullahu khaeran infonya.

      Delete
    2. ngga salah dong, dapat pertamax :d waiyyakum, jazakillah juga sudah berkunjung disini

      Delete
    3. pertamax mahal banget ya...ampe pada rebutan gini... oya kalo gerhana bulan apa doanya bang?

      Delete
    4. doa secara khusus untuk gerahana, saya belum menemukan gan, kita hanya di perintahkan untuk banyak dzikir dan juga istighfar

      Delete
  2. kunjungan malam sobat .. jngan lupa kungjungan balik ke blog saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setor buntut, om...
      ditunggu kiriman sopnya...

      Delete
    2. enakan sop iga om, lumayan stor muka juga hehe...

      Delete
    3. enakan yang gratisan om...

      Delete
    4. ya maunya gitu, siapa sih yang ga mau gratisan :d

      Delete
    5. ada om...
      kemarin aku nawarin bunuh diri gratis baigon campur susu beruang ga ada yang mau hahah

      Delete
  3. gerhana datang lagi..terima kasih infonya kang..

    kunjungan malam :)

    ReplyDelete
  4. masih perkiraan ya mas, bulan ini kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, semua juga masih prakiraan, tapi insya Allah tidak meleset perkiraannya...

      Delete
  5. saaya seneng mas muro'i menyikapi fenomena gerhana seperti yang diajarkan Rasullah, dan banyak berdzikir. tidak perlu berlebihan apalaig mengkultuskan

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah-mudahan makin mempertebal keimanan kita ya mas, fenomema ini memnag sebaiknya kita sikapi sesuai dengan tuntunan ya mas..

      Delete
    2. sip mas..jangan di hubungkan dengan mistis , semoga informasi ini sampai pada pembaca lainnya

      Delete
    3. iya bener mas, semua itu adalah kehendak Allah semata, apapun bisa terjadi

      Delete
  6. Replies
    1. sumber aslinya (BMKG) juga tidak menyebutkan jam berapanya mas, hanya tanggal itu aja

      Delete
    2. berarti bmkg nya juga dodoy yah..?
      tadinya masu pasang alarm biar ga ketiduran pas gerhana

      Delete
    3. wah nanti bisa protes langsung aja mas...
      emang mau tidur siang ya mas pake alarm segala

      Delete
    4. engga...

      *jadi ketauan kalo siang suka bobo manis di kolong meja kantor

      Delete
    5. ngga papa om, asal jangan bolos kerja aja :d

      Delete
  7. cilembu ngga kelewatin gerhana ya kang?
    tapi tata cara sholat gerhananya itu yang bikin saya akan tetap melaksanakannya...insyaallah

    ReplyDelete
    Replies
    1. moal ka cilembu mah...
      bongan harita teu disuguhan
      *kapok...

      Delete
    2. wah Cilembu mah belum ada dalam peta kang :d

      ya semoga kita bisa melaksanakannya ya kang, hatur nuhun

      Delete
    3. ah semprul
      tiap mau komeng jadi ada ceramahnyah.
      gara gara aku sering gak sopan nya..?
      hahah

      Delete
    4. bukan diceramahin mas, tapi di camahin :d

      Delete
  8. belum pasti ya mas ? waduuuhh .. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini baru perkiraan sob, tapi mendekati kebenaran sesuai perkiraan dari BMKG

      Delete
  9. sudah terjadi apa belum gerhananya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanggal 9 Mei 2013 mas, saya jawab komen ini tanggal 6, berarti belum kejadian kan :)

      Delete
  10. Replies
    1. insya Allah indah sob, tapi kita tidak bisa menyaksikan secara langsung, harus pake kacamata khusus, tapi yang jelas bukan kacamata kuda :d

      Delete
  11. subhanallah,mudah-mudahan gerhananya tidak menimbulkan bencana saja ya kang,insya Allah,aamiiin.

    ReplyDelete
  12. Semoga gerhana ini tdk membawa malapetaka.

    ReplyDelete
  13. wah indahnya, bisa dilihat ga ya dr Lampumg ko dri sumatra bagian selamat ga tampak,,

    jadi ga sabar mau lihat

    ReplyDelete
  14. Fenomena alam dan ini salah satu bukti kebesaran Allah SWT. mudah2an momen ini mempertebal rasa keimanan kita kepadaNya

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin, semoga demikian mba, makasih kunjungannya...

      Delete
  15. Kita tunggu aja besok ya ada beneran pa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, daripada berdebat mending kita tunggu nanti aja :d

      Delete
  16. pengen ngeliat gerhananya mas,

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan sob, tapi jangan melihat langsung, bahaya sob...

      Delete
  17. Replies
    1. iya sob, ini fenomena langka, semoga tidak terlewatkan...

      Delete
  18. Berarti sumatera utara gak bisa lihat ya Mas,,padahal saya di Sumut ini pingin lihat gimana fenomena matahari cincin ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut perkiraan BMKG, semua kota bisa sob, tapi di akhir-akhir..

      Delete
  19. Replies
    1. sama-sama, semoga manfaat dan trimakasih kunjungannya...

      Delete
  20. pada 9-10 Mei 2013, tidak boleh kelewatan. harus nonton gerhana

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas, tapi jangan ganggu aktifitas kerja :d

      Delete
  21. Kabarnya memang bulan Mei ini banyak fenomena di langit ya, kang yang salah satunya gerhana cincin ini.
    thx infonya, kang...sekalian ijin follow ke 279 kang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, semoga manfaat, trimakasih sudah follow blognya, langsung tak follback gan...

      Delete
  22. Jadi gak sabar sob. Thx info nya.

    ReplyDelete
  23. wah mau ada gerhana lagi ya sob , subhanalloh makasih sharenya sob :D



    admin "variasi blogger"

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, semoga demikian..
      maaf nih belum berkunjung balik, saya bingung nyari postingannya sob :d

      Delete
  24. pan dadi para nrmal kang hehhehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh tukang ramal apa kiye mas, kiye ta jare BMKG :d

      Delete
  25. Makasih Mas Bro untuk tata cara sholat gerhana nya

    ReplyDelete
  26. ini sendiri-sendir atau jama'ah ya, selama ini belum pernah melakukan sholat gerhana kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sholat gerhana disunahkan berjamaah mas, soalnya disana ada khutbah segala...

      Delete
  27. dari Cirebon, kebagian terakhirnya doank ya sob?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan iya sob, tapi ngga papa kan :d

      Delete
  28. ini adalah salah satu bukti kebesaran Allah SWT.... selesai shalat boleh kan melihat gerhananya ( pakai kacamata las)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah yang bener mang, emang kaca mata las bisa buat liat gerhana matahari yah?

      Delete
  29. wah baru tau bakalan ada grhana lagi..

    ReplyDelete
  30. Terima kasih infonya Kang, tgl tersebut, dah ªķku̶̲̥̅̊ skejull tuk lihat gerhana nanti. Salam

    ReplyDelete
  31. semoga dengan gerhana ini dapat menambah keimanan kita
    Maha besar Allah yang menciptakan langit dan bumi beserta isinya
    Bagus artikelnya gan

    ReplyDelete
  32. tanggal 9 mei, lagi berapa hari tuch..apalagi makassar jadi salah satu kota yang bisa menjadi tempat untuk melihat puncak gerhana...harus siap2 nich :-)

    ReplyDelete
  33. Wah jakarta...termasuk salah satu daftar nama kota yang di perkirakan juga bakalan bisa peristiwa alam langka ya mas...

    Ga boleh klewat nih...hehe

    ReplyDelete
  34. Wah jakarta...termasuk salah satu daftar nama kota yang di perkirakan juga bakalan bisa peristiwa alam langka ya mas...

    Ga boleh klewat nih...hehe

    ReplyDelete
  35. menurut perhitungan ilmu Falak, gerhana matahari terjadi hari Jum'at tanggal 10 Mei 2013 mulai jam 05:30. puncak gerhana 07:27:44 berakhir 09:21:23. di Indonesia hanya gerhana Panumbral (bayangan semu). menurut saya sih, berdasarkan hadis2 Nabi, shalat gerhana dilakukan ketika Matahari/ Bulan tertutup (tidak ada sinar yang masuk ke bumi). klo gerhana Panumbral Matahari/Bulan tidak tertutup, maka tidak masuk sunnah bershalat pada waktunya. wallahu a'lam bi al-shawwab

    ReplyDelete
  36. Semoga saja dengan melihat adanya gerhana tersebut bisa menambah Keimanan dan banyak-banayak berdzikir

    ReplyDelete
  37. kasih info goblok banget! gak dikasih detail jam berapa?! Guoblok

    ReplyDelete