Selamat Datang Di Blognya Kang Muro'i, Tempat Berbagi Opini, Info dan Inspirasi

ABOUT ME

Kang Muro'iKang Muro'i, hanya seorang blogger biasa yang memulai kegiatan Blogging sejak tahun 2011 hingga sekarang. Saat ini dia tidak focus ngeblog karena sibuk jadi kuli di dunia nyata..
Temukan Juga Muro'i El-Barezy pada Twitter, Facebook dan Google+

Free Page Rank Tool

01 May 2013

ProficioDay


ProficioDay
ProficioDay | ProficioDay, apa artinya yah? Saya sendiri mencari arti dari kata ini tidak ketemu. Tapi yang jelas kata ini terdiri dari dua suku kata yaitu Proficio dan Day. Proficio dapat diartikan sebagai profesi atau pekerjaan dan Day artinya hari, jadi maksudnya adalah hari pengenalan profesi.

Profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus. Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut. Contoh profesi adalah pada bidang hukum, kedokteran, keuangan, militer,teknik dan desainer.

Bicara mengenai profesi, biasanya ini akan ditekuni setelah seseorang menyelesaikan pendidikan berdasarkan minat atau jurusan yang ditempuhnya dalam dunia kerja. Dan sebaikknya pendidikan profesi ini sudah dikenalkan sejak dini di sekolah-sekolah setingkat SLTP atau yang sederajat. Disamping bisa mengenal berbagai macam profesi dalam dunia kerja, juga bisa menggali potensi dan kecenderungan siswa sejak dini.

Itulah yang dialami oleh para santri di Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School Pandeglang Banten. Ahad, 28 April 2013, bertempat di kampus Ibad Ar Raman yang asri para santri dalam satu hari dibekali dengan pengetahuan dasar berbagai macam profesi seperti guru, dokter, arsitek, komikus, chef, enterpreuneur dan jurnalis. Pematerinya adalah para relawan yang peduli dengan dunia pendidikan lulusan perguruan tinggi ternama seperti ITB dan yang lainnya. Mereka terbagi dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 10 sampai 12 siswa. Secara bergiliran mereka mendapatkan materi-materi tentang profesi yang disebutkan diatas.

Walaupun hanya satu hari, acara ini sungguh sangat berkesan bagi para santri. Sebentar memang, tapi setidaknya mereka sedikit tahu akan profesi yang ada dalam dunia kerja. Melaui acara ini pula mereka mencoba menggali kecenderungan masing-masing sehingga akan tergambar akan memilih profesi apa kelak ketika mereka sudah dewasa.

Terimakasih kepada kak Anggayudha dan kawan-kawan yang sudah meluangkan waktunya untuk berbagi ilmu kepada para santri Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School Pandeglang Banten. Semoga akan terus berkelanjutan dikemudian hari.

Dan inilah sedikit rekaman kegiatan selama Proficioday tersebut :

ProficioDay Guru
Coba sekarang kuti suara kakak ya..aaaa...iiiiii....uuuuu....eeeee...ooooo, coba tahan nafas dan simpan di perut yah, keluarkan sekerasnya, awas nafasnya jangan ditahan terlalu lama, nanti malah keluar dari belakang hihi...nah gitu dong kalo mau jadi Guru, harus lantang suaranya.

ProficioDay Chef
Hmmm..lama amat yah bikin kuehnya, udah lapar nih hehe..ini peserta ProficioDay yang pengin jadi Chef alias bisa masak dan bikin kueh, ya minimal buat kueh nanti kalo lebaran.

Peserta ProficioDay
Sebagian siswa Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School Pandeglang Banten berpose bersama beberapa guru dan kakak-kakak pemateri setelah acara ProficioDay usai. Oke..semuanya bilang ciiiisss..

Kakak Pemateri ProficioDay
Inilah kakak-kakak pemateri yang masih muda dan ganteng-ganteng, berpoto bersama setelah acara ProficioDay (Kak Angga, kedua dari kanan) thanks for all.


93 comments:

  1. hebat...santrinya dari sejak usia muda sudah diperkenalkan dengan pengetahuan dasar berbagai macam profesi...salut untuk kegiatan positif ini...salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas, semoga acaranya bisa manfaat yah

      Delete
    2. mantap... ini baru namanya positif banget. daripada tawuran gak jelas... #pusing

      Delete
  2. Wah.....
    Aku salut sama seragam jilbabnya kak, bagus banget, jarang banget yang memakai seragam jilbab sampai sepanjang itu. (h)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jeng, semoga ini bisa menjadi contoh buat sekolah islam yang lain

      Delete
  3. mengenalkan profesi sejak dini mungkin bisa membuat mereka untuk menjadi lebih baik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas muro'i juga ketularan ilmunya kan?

      Delete
    2. wah saya bagian moto-moto mas :d

      Delete
    3. moto2 juga nanti bisa jadi fotografer handal

      Delete
  4. habaatt , mengenalkan profesi pada anak usia dini memang perlu , biar gedenya gak galau mau jadi apa , hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sob, minimal mereka sudah punya gambaran, mau jadi apa kelak yah

      Delete
    2. iyaah mas , ada pandangan dan sesuai dengan kemampuan diaa ..

      Delete
    3. akur lah, makasih sob sudah berkunjug kembali

      Delete
  5. begitulah seharusnya perguruan tinggi teh, memberi motivasi kepada adik2nya agar mereka terus bersemangat menggapai profesi yang dicita-citakannya kelak.

    saya bangga profesi saya sebagai Tukang Ubi Cilembu, walau ngga nyambung dengan bidang ilmu yang saya dapet dikampus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana mau nyambung, orang kalau masuk kelas langsung molor..wkwkwk

      Delete
    2. Iua kang kita doakan semoga mereka tetap istiqomah menyebar kebaikan...

      Tukang ubi juga profesi mulia kang, insya Allah berkah

      Delete
  6. semoga para santri dpt mengoptimalkan dan mengembangkan bakat mereka melalui acara ini, setidaknya dpt mengukuhkan cita2 yg sudah mereka rancang sejak dini.. wah bagus nih bisa ditiru di pesantren yg aku tinggali alazhar islamic boarding school.. boleh khaaan? hehehe.. terima kasih byk bang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin, makasih doanya. silakan saja bisa dicontoh jika sekiranya bermanfaat...

      Delete
  7. suatu kegiatan yang sangat positif pals, perlu didukung dan dikembangkan...
    congrat deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas, ya semoga bisa berkelanjutan

      Delete
  8. pesantrenya asri...adem kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, cukup sejuklah, view juga bagus disini

      Delete
  9. Replies
    1. oke makasih mas sudah hadir kembali disini

      Delete
  10. kalo pas kecil cita-citanya ini itu, giliran besar bingung.
    kayaknya preficio day cocok buat yg kayak gini
    xiix

    ReplyDelete
    Replies
    1. proficioday acara yang posotif sob, sebagai ajang mencari dan memupuk keinginan alias cita-cita sejak dini

      Delete
  11. keren sekali mas acaranya,lulusan pesantren didaerah saya jarang yang mendapat sentuhan dunia luar seperti ini mas,jadi mereka lebih banyak bedagang,karena meniru Rasulullah.
    Bermanfaat sekali acaranya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. berdagang juga profesi yang mulia mas, rosulullah juga seperti itu..trimakasih ya mas sudah berkunjung kembali disini...

      Delete
    2. saya berkunjung lagi mas betah disini , jadi enteng blognya komennya juga sudah enak.
      hehe
      boleh ya mas berkomen lagi

      Delete
    3. mungkin karena koneksinya lagi kenceng ya mas..
      trimakasih mas, sering-sering berkunjung nyambung silaturahim :)

      Delete
    4. alhamdulillah mas, sepertinya sudah kenceng lagi koneksi internet ditempat kerja, kontrak bandwith baru sih, hehe

      Delete
    5. wah giliran saya nih mas, koneksi internet sekarang sering ganguan hihi...

      Delete
  12. Pengenalan berbagai macam profesi perlu dikembangkan sejak dini, untuk bekal mereka nantinya saat terjun ke Masyarakat. Salam Kang El..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas bekal yang sangat berharga buat mereka kelak...

      Delete
  13. Mudah2an para santri jadi orang yang berguna untuk bangsa dan negara.selain jadi ahli dalam bidang dan keahlian masing juga menjunjung tinggi Akhlakul Karimah.Salut untuk sukarelawan yang dengan ikhlas mengajarkan pengetahuan profesi dalam dunia kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin, trimakasih doanya kang, semoga kang Agus juga selalu sukses

      Delete
  14. wahhh..luar buasa tu sob ,bisa di contoh tu..buat sekolah-sekolah di seluruh indonesia...jadi anaknya gak suman punya buku doang....ajib gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, silakan bisa diterapkaan di tempat sobat jika ini bisa bermanfaat, makasih kunjungannya

      Delete
  15. fotonya kang Muro'i yang sebelah mana ya?
    pengenalan dunia kerja untuk siswa tingkat SMP yang dibuat dengan suasana rekreatif tentu menarik bagi pesertanya, karena pembelajaran tidak terasa monoton dan menjenuhkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kan yang bagian moto-moto mas jadi ga ada saya disitu :d
      iya bener mas cukup menarik dan bisa memberikan suasana yang berbeda buat anak-anak

      Delete
  16. Terimakasih sudah berbagi sobat !!

    happy blogwalking sobat, MAMPIR SILATURAHMI, HEHEHEHE!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih juga sudah blogwalking dimari sob, salam sukses selalu

      Delete
  17. Wah keren nih. Kegiatan seperti ini harus dipertahankan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sob, iya semoga terus berkelanjutan

      Delete
  18. iya seharusnya mulai dini memang sudah harus dikenalkan agar kedepannya bisa lbih berkembang ya mas,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, sedari dini sudah mulai memilih profesi sesuai selera, sip lah

      Delete
  19. dari kecil aku mau berprofesi jadi dokter ahli
    eh malah masih sampai di puisi

    hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah berarti jadi dokter cinta dong :-d

      Delete
  20. cakep banget kegiatannya, gan...

    ReplyDelete
  21. senenge kok bikin istilah mumeti
    bilang saja orientasi kan beres
    hahah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ngga papa om, biar keren dikit lah :d

      Delete
    2. jiaaah
      keren di elu kere di gua atuh, mang..?
      hahah

      Delete
  22. Itu baru namanya kegiatan positif mas.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, makasih atas apresiasinya, semoga ini juga bisa jadi inspirasi buat yang lainnya

      Delete
  23. hari kerja pertama ya mas artinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. arti yang mana mas? coba baca ulang lagi ya mas, biar paham postinganya =))

      Delete
  24. trmksh akang infonya sngat bgus kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas, tumben nih ga nawarin kopi :d

      Delete
  25. Replies
    1. makasih kang kunjungan dan supportnya

      Delete
  26. Kunjungan sore Kang El,..salam silaturahmi dan Follback sukses.
    Terima kasih Kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih sudah berkunjung kembali sob, dan trimakasih juga sudah follback, salam sukses selalu

      Delete
  27. acara ini pasti nya bermanfaat dan bisa di tiru di tp lainnya ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bermanfaat sih pasti ya mas, ya semoga saja bisa demikian ya mas, makasih sudah berkunjung disini mas

      Delete
    2. bermanfaat sekali, diam2 saya trenyuh banget nih

      Delete
    3. terenyuhnya jangan diam-diam dong mas, katakan pada dunia :d

      Delete
  28. Ini menjadi salah satu untuk menumbuhkan kreatifitas dan daya pikir yang lebih lagi mengarah ke prestasi dari masing-masing pribadi yah Mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener sob, walaupun baru tingkat SLTP setidaknya mereka punya gambaran yang jelas akan berbagai profesi dalam dunia kerja kelak

      Delete
  29. Kegiatan yang bermanfaat ini adalah salah satunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener sob, trimakasih buat kunjungannya sob

      Delete
  30. amazing banget santri-santrinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga demikian sob, trims sudah berkunjung

      Delete
  31. luar biasa...ini patut di jadikan percontohan utk sekolah2 yg lainnya. :)

    ReplyDelete
  32. saya salut banget dengan kegiatan di atas. sangat progresif dan tepat sasaran. hebat Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau regresion itu lagu nya siapa mas ?lupa

      Delete
    2. Trimaksih mas zach atas kesalutannya, semoga bisa lebih baik nantinya...

      Lagu apa ya mas Agus?

      Delete
  33. memang bikin salut kegiatannya ..
    bisa dijadikan contoh buat sekolah2 lain..
    saya baru tau loh mas procicioday ini..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sob istilah baru ini, baru ada kayanya, makasih kunjungannya sob

      Delete
  34. Mampir lagi mas,Tunggu artikel selanjutnya ea.

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih sob sudah pada mampir dimari lagi :)

      Delete
  35. mengenalkan sejak dini sangat bagus setidaknya punya gambaran yang jelas akan berbagai profesi dalam dunia kerja nanti
    pepatah mengatakan
    Belajar diwaktu kecil bagaikan mengukir diatas batu
    Belajar sudah tua bagaikan menulis diatas air

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sekali mang pepatahnya, trimakasih sudah berkunjung disini

      Delete
  36. selamat Sore Kang Muroi,,,saya baru pertama mendengar Istilah Proficioday,,,hmmm sepertinya saya harus menyimpan pagenya nich Kang karena saya OL di warnet, nanti dilanjutin bacanya di rumah...

    ReplyDelete
  37. Kunjungan sore pak 'eL ^^
    Kegiatan semacam ini lah yang bnyk dibutuhkan oleh remaja2 kita para penerus bangas. Baguss deh kegiatannya, sangat manfaat. Berharap sy bisa jd remaja lagi, hehe :)

    ReplyDelete